Pantat Terasa Sakit Karena Duduk Terlalu Lama? Waspada Gejala Ambeien!

Ambeien

Pantat Terasa Sakit Karena Duduk Terlalu Lama? Waspada Gejala Ambeien!

Ambeien

Sembelit termasuk penyakit gangguan pencernaan yang biasa terjadi di masyarakat. Penyakit ini bisa terjadi pada pria dan wanita, melainkan lebih rentan terjadi pada ibu hamil dan pasien yang mengalami sembelit atau diare kronis.

Seringkali sembelit dikenal dengan baccarat sebutan sembelit atau hemoroid (berasal dari bahasa Yunani ialah haem dan rhoos). Keadaan yang mencolok dari penyakit ini ialah darah yang mengalir sebagai petunjuk adanya gangguan pada anal cushion.

Sembelit sendiri bisa muncul di dalam canalis analis di proksimal line dentata yang dilapisi mukosa atau di sebelah distal linea dentata yang dilapisi kulit yang sudah termodifikasi (tidak mempunyai kelenjar keringat) atau keduanya. Maka, sembelit bisa dibedakan menjadi tiga variasi antara lain hemoroid interna, hemoroid externa, dan mixed hemoroid. Hemoroid interna dikenal juga dengan derajat untuk menentukan terapi yang ideal, oleh karena itu penting untuk mengenali penyebab sembelit terlebih dulu.

Penyebab Sembelit

Menurut situs https://www.beritague.com/, penyakit ini belum dikenal secara pasti penyebab sembelit, melainkan keadaan ini diduga terjadi dikala tekanan pada perut atau tungkai meningkat. Peningkatan tekanan hal yang demikian kemudian menyebabkan pembuluh darah di sekitar dubur menjadi sembab dan meradang.

Sebagian faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya sembelit, ialah:

  • Konstipasi Atau Sembelit Yang Berkepanjangan Dampak Kekurangan Asupan Serat Dari Makanan
  • Kali Mengangkat Bobot Berat
  • Kebiasaan Duduk Dalam Waktu Yang Lama
  • Diare Yang Berkepanjangan
  • Kebiasaan Mengejan Dikala Membuang Air Besar
  • Batuk Dan Muntah-Muntah Yang Berlangsung Lama
  • Obesitas Atau Kelebihan Berat Badan
  • Kehamilan
  • Riwayat Sembelit Dalam Keluarga
  • Seks Anal

Selain itu, sebagian keadaan medis juga diduga bisa menyebabkan sembelit, ialah:

  1. Penyakit Radang Usus, Seperti Crohn’s Disease Dan Kolitis Ulseratif
  2. Penumpukan Cairan Di Rongga Perut (Asites)
  3. Prolaps Rektum
  4. Cedera Tulang Belakang
  5. Kanker Usus Besar

Seberapa Umumkah Keadaan Ini?

Sembelit ialah gangguan pencernaan yang termasuk biasa dan pernah dialami oleh banyak orang. Menurut penelitian, pada umur 50 tahun, hampir setengah populasi pernah mengalami sembelit.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, melainkan lebih kerap terjadi pada ibu hamil, pasien sembelit, atau pasien diare kronis.

Apa Saja Petunjuk Dan Gejala Sembelit?

Menurut jenisnya, gejala sembelit yang akan dirasakan berbeda. Kalau Anda mempunyai variasi eksternal, karenanya Anda akan mengalami:

  • Kemunculan Benjolan Yang Keras Dan Terasa Lembut Dikala Diraba Di Dekat Dubur,
  • Dubur Terasa Gatal, Serta
  • Dubur Terasa Nyeri, Terlebih Dikala Duduk.

Biasanya, gejala ini bisa menghilang dalam sebagian hari. Walaupun demikian, seandainya Anda terbiasa membersihkan dubur dengan kasar atau terlalu kerap mengejan, gejalanya bisa bertahan lebih lama.

Walaupun pada variasi yang internal, biasanya Anda tidak akan menikmati nyeri atau gatal. Tetapi, feses yang keluar bisa saja disertai darah.

Kalau sembelit berkembang atau benjolannya keluar dari dubur, alhasil Anda akan merasa perih dan sulit membuang air besar.

Kemungkinan ada petunjuk-petunjuk dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Kalau Anda mempunyai kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.