Macam – Macam Modern Dance

Dance adalah suatu gerakan tubuh yang memunculkan keindahan dengan mengikuti iringan musik. Dance atau tarian masuk kedalam salah satu aspek seni yang membuat siapapun yang melihat merasa senang atau terhibur. Itu adalah dasar pengertian tentang arti dari kata Dance atau Tarian. Tarian yang ada di Dunia ini ada sangat banyak, tidak perlu yang mendunia, Tari tradisional yang ada di Indonesia saja ada sangat amat banyak.

Dengan ciri khas masing-masing daerah tarian biasa ditampilkan pada saat tertentu. Di Indonesia sendiri ada beberapa tarian yang khusus ditampilkan pada acara keagamaan, adapun pada saat acara formal lainnya menyesuaikan adat istiadat. Kali ini kita akan membahas yang lebih umum dulu, yaitu berbagai macam jenis gerakan dasar dance modern yang ada sekarang ini.

Ragam Modern Dance Terpopuler

Modern dance adalah gerakan yang divariasi sedemikian rupa tanpa adanya aturan, namun tetap mengandung nilai estetik pada gerakannya. Berbeda dengan tari tradisional yang ada di Indonesia, gerakan pada dance modern ini lebih dianggap bebas dan terbuka. Terbuka disini bukan berarti gerakan yang menuai kontra, namun lebih kepada gerakan yang tidak memiliki arti tertentu.

Karena Tari tradisional selalu memiliki makna saat ditampilkan, sedangkan modern dance sebaliknya. Modern Dance sendiri memiliki banyak jenis dengan ciri khas masing-masing. Berikut ini beberapa ragam Modern Dance yang populer:

  • Jazz Dance : Jazz Dance adalah salah satu tarian yang lebih ke arah theatrical. Di abad ke-20 tarian Jazz ini banyak ditampilkan untuk acara broadway atau theater. Jazz dance masih memiliki pecahan jenis tarian loh, 3 diantaranya adalah:
    • Ballet Dance : Ballet Dance merupakan tarian yang memiliki gerakan lembut dengan alunan musik klasik.

    • Contemporary Dance : Improvisasi dari gerakan ballet yang digabungkan dengan modern dance. Jika kita lihat tarian ini akan seperti penampilan Teather tanpa suara karena pesan atau ceritanya hanya akan disampaikan melalui gerakan.
    • Lyrical Dance : Seperti namanya, tarian lirik. Gerakan ini akan mengekspresikan beberapa kata atau lirik dengan tarian. Sebagian gerakannya akan terlihat seperti Hip Hop Dance, Contemporary Dance dan juga Ballet Dance.
  • Hip Hop : Hip hop adalah salah satu jenis dance yang paling populer dalam kategori Modern Dance. Gerakannya pun sangat amat beragam oleh karena itu akan sulit untuk abakuadancers jabarkan satu-persatu. Namun beberapa yang paling populer dari gerakan hip hop adalah sebagai berikut:

  • Break Dance : Break Dance adalah gerakan gerakan yang cukup akrobatik dengan penuh tenaga tentunya.
  • Locking dan Popping : Gerakan dasar yang dilakukan dengan hentakan beberapa kali pada bagian lengan dan kaki.
  • Cramping Dance : Gerakan yang menunjukkan power dengan sangat ekspresif sehingga tariannya akan terlihat seperti seseorang yang sedang meluapkan emosi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *